Ainul Hadi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya

Busan Education: ENJOYABLE SCHOOLS , HAPPY STUDENTS vs SEKOLAH RAMAH ANAK

Motto Busan Education " Enjoyable Schools, Happy Students " Sekolah santai, siswa bahagia.Adalah adalah paradigma baru dunia pendidikan di Busan untuk menyongsong masa depan .Hal ini dilandasi faktor-faktor sebagai berikut:

1.Tingkat kebahagiaan anak minim sekali.

2.Belum mempunyai cita-cita setelah tamat SD,SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi.

3.Tidak punya impian.

4.Tidak tahu kemampuan yang dimiliki.

5.Setelah lulus tidak tahu" Kerja yang bagus itu apa "

Lalu bagaimana solusi pernasalahan tersebut? .Melalui Busan Education melaksanakan dan menggelorakan " Busan DAHONG BOK School yang bermakana " Seluruh siswa harus bahagia" ( DA= semua, seluruh, HONG BOK = bahagia ) ya...seluruh stekholder pendidikan harus bahagia , baik murid,guru, maupun yang lain dalam lingkup pendidikan disekolah tersebut.Untuk itu , dalam pelaksanaanya , Busan Education menerapkan " Free Semester System "artinya anak tetap belajar sepert biasa, siangnya siswa diberi kesempatan untuk menemukan dan memilih bidang apa yang ditekuni sesuai bakat dan minatnya, tidak ada ujian karena penilannya dalam bentuk diskripsi.Melalui cara ini diharapkan siswa dapat menemukan jati dirinya, mengejar mimpinya, siswa menjadi kreatif

Bagaimana dengan Indonesia , khususnya Surabaya. Ya... Pendidikan di Kota Surabaya juga menerapkan hal yang sama seperi di Busan, Korea Selatan , yaitu dengan melaksanakan kegiatan Outing Class, Pengembangan Diri ( ekstrakurikuler) .Melalui kegiatan tersebut siswa diharapkan mampu menggali potensi diri sesuai dengan bakat dan minatnya,.Dalam hal ini guru sebagai pengajar dan pendidik harus memperlakukan siswa seperti biji-bijian.Kalau biji itu dirawat dengan baik , maka akan tumbuh dengan baik pula.

Pendidikan diKota Surabaya juga melaksanakan Sekolah ramah anak.Sekolah harus menjadi rumah kedua bagi anak, sekolah tidak hanya ramah secara fisik, juga ramah bagi mental dan hati.Semua harus terlibat dalm mewujudkan itu semua, guru, teman sekolah, keluarga,dan masyarakat sekitar.

Melalui kegiatan Outing Class, pengembangan diri, sekolah ramah anak , diharapkan siswa mampu menggali potensi diri, kreatif, tidak ada tekanan disekolah , sehingga anak menjadi nyaman dan aman dalam meyongsong masa depan. Ya..masa depan dunia pendidikan berda dipundak seorang guru , karena gurulah yang bisa merubah pendidikan.Pendidikan yang baik, anak akan menjadi baik, itulah tugas mulia bagi guru sebagai pengajar dan pendidik, untuk itu perlu kerja keras, usaha, tawakkal dan senantiasa berdoa untuk keberhasilan anak didikanya dan menjadi anak yang berguna kelak bagi keluarga, masyarakat, agama dan bangsanya.Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search

New Post